The Senator, bergunakah pohon yang berusia 3500 tahun itu?

Pohon Dewa Bumi.

Seorang tukang kayu ahli dan murid-muridnya pergi ke negara Qi untuk membangun rumah. Di jalan mereka melalui sebuah pohon raksasa di sebelah kuil untuk menghormati dewa bumi yang puncaknya hampir menyentuh awan.

Ia melihatnya dan berkata : Aku tak perduli. Para muridnya heran dan bertanya Tuan! Tuan! Kami tak pernah melihat pohon sebesar itu sejak menjadi muridmu. Mengapa anda tak berhenti untuk melihatnya?

Senator, pohon tertua di dunia
 berusia 3500 tahun

Tukang kayu itu berkata : Lupakanlah! Itu pohon yang tak berguna. Jika kamu membuat tiang ia akan menghasilkan cacing dan jamur. Pohon ini tak berguna, untuk apa melihatnya? Bila kamu membuat perahu dari kayunya, perahu itu akan tengelam, Jika kamu membuat ember, ia takkan kuat.


Malam itu tukang kayu itu bermimpi aneh. Ia didatangi pohon dewa bumi itu dan berkata : Bicaramu tak masuk akal menyebutku pohon tak berguna! Bukankah orang akan menebangku jika aku berguna? Bagaimana aku bisa bertahan sampai sekarang? Dari sudut pandang pohon,  berguna berarti bencana. Pohon paling pintar adalah yang tak berguna. Sang tukang kayu itu meminta maaf dan berkata : " Tampaknya anda pohon yang sangat bijaksana"

The Senator, mati terbakar Januari 2012
Maka berguna dan tak berguna tak mempunyai ketentuan yang jelas .  Tergantung dari mana kita melihatnya, bila berguna dan tak berguna dipertentangkan itu akan menyebabkan masalah yang tak habis-habisnya. Dari pada begitu lebih baik mengerti dan pahamilah, sehingga tak perlu terperangkap dalam pemikiran seperti itu. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "The Senator, bergunakah pohon yang berusia 3500 tahun itu?"

Post a Comment