Raja Wei Hui Belajar Memahami Hakekat Kehidupan

Jagal Memotong Sapi.

Ketika tukang daging memotong sapi untuk Raja Wen Hui, gerakan dan suara pisaunya sama indahnya dengan tarian semak mulberi. Setelah selesai hewan itu tak tahu bahwa ia sudah mati. Raja Wen Hui berkata : Mengagumkan, kamu sudah mencapai ketrampilan tingkat tinggi.

Tukang daging itu berkata : Terima kasih. Yang kupakai ketika memotong sapi bukan ketrampilan melainkan Tao. Ketika pertama kali memotong sapi, aku hanya melihat penampilan luarnya saja. Tapi tiga tahun kemudian, setelah memotong banyak sapi yang kulihat bukan sapi secara keseluruhan lagi tapi struktur organnya. Sejak saat itu aku berkerja dengan mata hatiku, bukan dengan mata saja.

Koki ahli hanya menukar pisaunya setahun sekali karena ia memotong tak membacok. Pisau ini sudah digunakan selama 19 tahun dan masih tajam seperti baru, karena aku tak membacok. Ketika memotong sapi pisauku berputar di dalam sapi, begitu cepat sehingga ia tak merasa sakit dan tak sadar bahwa ia sudah mati. Raja We Hui berkata : Bagus! Apa yang baru kau katakan memberiku kunci pemeliharaan hidup.

Kompleksitas kehidupan manusia mirip dengan struktur badan sapi, mereka yang tak memahaminya dan bergerak kesana-kemari sampai kelelahan tetapi hanya menghasilkan sedikit. Maka  dapat dikatakan sebagian besar tindakannya sebenarnya sia-sia...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Raja Wei Hui Belajar Memahami Hakekat Kehidupan "

Post a Comment