Apakah yang dianggap benar sudah pasti kebenaran ?

Apakah Xi Shi Cantik?

Zhuang Zi Berkata : Jika dari semula kita menamai surga adalah kuda dan bumi adalah jari. Maka surga dan bumi tak lebih dari kuda dan jari. Bagi lelaki Xi Shi cantik, tapi bagi ikan ia mungkin menyelam ke dasar sungai ketika melihat Xi Shi. Apa yang dianggap orang benar adalah kebenaran dan yang dianggap salah adalah kesalahan, Tapi apa kriteria benar dan salah?
Xi Shi,
Legenda Wanita Cantik China Kuno

Jika manusia menciptakan pengetahuan dari pandangannya, ia terperangkap oleh lingkaran pengetahuan buatannya sendiri. Jika manusia menganggap apa yang diketahui itu benar dan yang ia lakukan paling benar, maka ia akan menjadi orang yang egois dan tak mau tahu orang lain. 

Jadi bila kita hanya hidup dan berpikir menurut pikiran kita sendiri dan tak mau tahu pikiran orang lain serta akan memaksakan pikiran kita pada orang lain itu sama saja kita mencari teman / sahabat orang-orang yang jahat dan penuh tipuan, 

Kalau kita mendapat masalah ia tak mau tahu dan menyalahkan kita sendiri, 
Kalau kita berhasil ia mengatakan semua itu adalah ia yang mengajari. 

Itulah teman-teman yang mencelakakan dan menyesatkan.

Maka dari itu lihatlah diri kita sendiri dan lihatlah orang lain bila kita ingin menjadi temannya kurangi ego kita dan coba dekati bila ia memaksakan kehendaknya, maka hati-hatilah buatlah batas sebagai teman. Jangan coba menekan temanmu kalau kamu tak mau ditinggal pergi .

Ada pepatah yang mengatakan :

"Tak ada teman sejati dan tak ada musuh sejati yang ada adalah kepentingan sejati. "

"Tak ada cinta yang tak egois dan tak ada cinta yang abadi yang ada cinta yang dipelihara dan dipupuk terus-menerus."

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah yang dianggap benar sudah pasti kebenaran ?"

Post a Comment