Ikan tidur di tempat basah tetapi tidak masuk angin

Apakah Wang Ni Tahu?

Ada seorang bertanya kepada Wang Ni : Tahukah kamu tentang standar umum yang bisa diterapkan untuk memperoleh pengetahuan? Wang Ni menjawab : Mana kutahu?

Orang itu berkata : Sangat mengecewakan. Wang Ni menjawab : Mengapa mengecewakan? Bisakah kamu bilang tahu yang kukatakan sebenarnya tak tahu dan tak tahu yang sebenarnya tahu? Coba kutanya : Jika orang tidur di tempat basah ia akan terkena artritis, apakah ikan juga? Jika seseorang ada di atas pohon, ia takut ketinggian, apakah monyet juga? Habitat manusia, ikan lumpur dan monyet berbeda mana yang kau jadikan standar?

Orang itu berkata : Kamu benar! Standar berbeda bagi tiap kelompok! Wang Ni menjawab : Itu dia! Orang suka makan daging, Rusa suka makan rumput, kelabang suka makan ular dan gagak suka makan tikus. Makanan mereka berbeda, manakah yang bisa menjadi standar makanan?
Ikan hias air tawar

Tak ada standar umum yang bisa diterapkan untuk pengetahuan duniawi dan standar buatan manusia bukanlah standar mutlak. Jika kamu mengira yang relatif itu mutlak, maka kamu semakin jauh dari kebenaran. Ini berlaku dengan sifat dan hubungan manusia kalau semua manusia hanya dibagikan menjadi beberapa katagori saja maka manusia bukan makhluk yang sempurna dan mudah ditebak.

Jadi bila anda menginginkan hal yang sama pada orang lain tentang cara ia berhubungan dan harus sesuai aturan orang tersebut, lebih baik bagi anda merubah pikiran tersebut, sebab manusia tak akan sama satu dengan yang lain dan ia takkan melakukan dengan cara yang sama untuk orang lain, meskipun orang yang melakukan sama.

Jadi rasakan dahulu baru kita akan tahu indahnya hubungan sesama manusia. Kalau tidak kamu takkan dapat membedakan dan merasakan hubungan teman /hubungan sahabat / hubungan akrap / hubungan cinta / hubungan penuh kepura-puraan / hubungan saling membutuhkan, itupun takkan sama antara satu dengan yang lain.

Cobalah berhubungan dan berani mendekati baru kamu bisa merasakan, kalau belum apa-apa kamu sudah tidak mau dan langsung menvonis menuruti teori yang dipakai orang lain, maka kamu akan tak pernah tahu antara perbedaan hubungan didunia ini.

Ada pepatah yang mengatakan :

  • Tak ada yang sama didunia ini, 
  • tak ada yang hidup didunia ini mengalami hal yang sama, 
  • tak ada orang mengalami kebahagian yang dirasakan orang lain, 
  • tak ada orang yang mampu merasakan kesediahan orang lain,
  • tak ada orang yang dapat menyelesaikan masalah orang lain. Yang ada adalah rasa yang dirasakan oleh orang tersebut dan apa yang dirasakan oleh semua orang di dunia itu adalah sama

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikan tidur di tempat basah tetapi tidak masuk angin"

Post a Comment