Bagaimana Manusia Tahu Kalau Ikan Sedang Bergembira?

Kegembiraan Ikan.

Hui Zi dan Zuang Zi berjalan diatas jembatan. Melihat ikan di kolam berenang sambil melompat. Zhuang Zi berkata : Ikan-ikan itu sedang bersenang-senang di sana, alangkah gembiranya mereka!

Hui Zi bertanya : Kamu bukan ikan, bagaimana kamu tahu mereka sedang gembira? Zhuang Zi berkata : Kamu bukan saya bagaimana kamu tahu saya tak tahu ikan itu senang?

Ikan sedang bergembira
Hui zi berkata : Tentu saja, saya tak tahu perasaanmu karena saya bukan kamu, tapi sama saja kamu bukan ikan dan kamu tak tahu apakah ikan itu senang, begitulah. Zhuang Zi berkata : Waktu kamu bertanya : Bagaimana kamu tahu ikan itu senang, kamu sudah tahu bahwa aku tahu ikan itu senang!

Pendapat Hui Zi berdasarkan logika, tetapi bila ia menggunakan pengetahuannya dalam bernalar, ia mengabaikan hal lain. Ini yang dikatakan bahwa kalau dua orang yang berpikiran tak satu jalan mereka mungkin bersahabat tetapi tak mungkin hidup bersama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Manusia Tahu Kalau Ikan Sedang Bergembira?"

Post a Comment